SEMINAR NASIONAL & WORKSHOP BIOLOGI DAN PENDIDIKAN BIOLOGI

Latar Belakang Kegiatan

Dewasa ini lingkungan menjadi masalah yang perlu mendapat perhatian yang seksama dan cermat. Lingkungan saat ini mulai terancam oleh berbagai dampak yang ditimbulkan berbagai aktifitas manusia. Dari tahun ke tahun lingkungan saat ini mulai menampakan perubahan yang signifikan. Isu lingkungan sesungguhnya merupakan isu yang sangat luas karena kompleksitas permasalahannya menyangkut aspek-aspek krusial dan beraneka ragam dari multidisiplin ilmu ekonomi, politik, sosial dan budaya dan tentunya dari kelompok ilmu-ilmu eksata yang berkaitan langsung dengan studi physical environment itu sendiri, seperti: biology, chemistry, geology, forestry dan sebagainya.

Di bidang sains, khususnya Biologi dan Lingkungan, isu konservasi sumber daya alam baik hayati maupun nonhayati menjadi pokok bahasan yang sangat penting. Menurunnya keanekaragaman hayati dunia, termasuk keanekaragaman hayati Indonesia menjadi hal yang harus diperhatikan. Peneliti dan pemerhati lingkungan melakukan berbagai upaya konservasi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat juga berdampak pada dunia pendidikan. Isu-isu kontemporer di bidang sains, lingkungan dan inovasi pembelajaran penting diketahui oleh para pendidik (guru dan dosen) maupun peneliti dan pemerhati bidang tersebut untuk dapat menyesuaikan dan selalu meng-upgrade pengetahuan yang dimilikinya. Harapannya, dengan mengikuti perkembangan isu terkini dibidangnya, dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan di Indonesia.

Tujuan Kegiatan

Untuk memfasilitasi pertukaran informasi ilmiah dan hasil penelitian dalam rangka inovasi untuk pembelajaran dan dalam menyikapi isu-isu sains dan lingkungan

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *